Profil

Profil Kecamatan Sewon digambarkan sebagai berikut : Kantor kecamatan Sewon berkedudukan di : desa Panggungharjo, Sewon, Bantul - Tlp. (0274) 379168

  1. Wilayah Administrasi Kecamatan Sewon berada di sebelah Timur Laut Ibukota Kabupaten Bantul. Luas wilayah Kecamatan Sewon adalah 2.865,9537 Ha. Wilayah administrasi Kecamatan Sewon meliputi 4 desa :
    1. Desa Pendowoharjo
    2. Desa Timbulharjo
    3. Desa Bangunharjo
    4. Desa Panggungharjo
  2. Kondisi Geografis
  3. Wilayah Kecamatan Sewon berbatasan dengan :
    1. Utara : Kota Yogyakarta;
    2. Timur : Kecamatan Banguntapan;
    3. Selatan : Kecamatan Jetis dan Bantul,
    4. Barat : Kecamatan Kasihan,.
    Kecamatan Sewon berada di dataran rendah. Ibukota Kecamatannya berada pada ketinggian 50 meter diatas permukaan laut. Jarak Ibukota Kecamatan ke Pusat Pemerintahan (Ibukota) Kabupaten Bantul adalah 8 Km.
  4. K l i m a t o l o g i Kecamatan Sewon beriklim seperti layaknya daerah dataran rendah di daerah tropis dengan cuaca panas sebagai ciri khasnya. Suhu tertinggi yang tercatat di Kecamatan Sewon adalah 300C dengan suhu terendah 250C.
  5. P e n d u d u k
  6. Jumlah keseluruhan penduduk Kecamatan Sewon adalah 75.327 0rang dengan jumlah penduduk laki-laki 37.795 orang dan penduduk perempuan 37.532 orang. Tingkat kepadatan penduduk di Kecamatan Sewon adalah 2766 jiwa/Km2. Sebagian besar penduduk Kecamatan Sewon adalah buruh. Dari data monografi Kecamatan tercatat 12.849 orang atau 17,05 % penduduk Kecamatan Sewon bekerja di sebagai pegawai/buruh di berbagai perusahaan/ industri.
  7. S e n t r a I n d u s t r i
  8. Beberapa sentra industri kecil di wilayah kecamatan sewon :
    1. Pucung, Sentra kerajinan patung kayu primitif.
    2. Bangunjiwo, Sentra kerajinan kulit.
    3. Sentra industri tempe di desa Bangunharjo dan desa Pendowoharjo..
  9. W i s a t a
  10. MUSEM BUDAYA JAWA – TEMBI Tembi Cultural House atau disebut dengan Museum Jawa. Berlokasi di dusun tembi, Desa Timbulharjo, kecamaatan Sewon. Tembi ini merupakan sebuah rumah Jawa tradisional lengkap dengan peralatan yang digunakan keseharian oleh masyarakat Jawa tradisional. Peralatan-peralatan yang ditampilkan mulai dari alat kesenian, senjata tradisional masyarakat Jawa, alat permainan anak, alat membatik sampai dengan dengan peralatan pertanian dapur yang semuanya beretnis Jawa.
  11. Cagar Budaya
    1. Situs Karanggede
    2. Lokasi, Ngireng-lreng, Panggungharjo.Karang Gede terdapat di atas gundukan tanah. Di bagian tengah gundukan tanah yang merupakan tempat yang tertinggi merupakan dataran yang di tumbuhi berbagai jenis pohon. Di sini ditemukan Yoni. Bangunan disini fondasinya terdiri dari susunan batu gundul dan bagian dinding terdiri dari susunan batu bata.
    3. Panggung Krapyak
    4. Lokasi, Krapyak, Panggungharjo. Bangunan ini pada jaman dahulu digunakan sebagai tempat untuk berburu kerabat kraton.

Puskesmas
di Kecamatan Sewon

Puskesmas Sewon I

Puskesmas Sewon I

Jl.Parangtritis km.7 Bangi, Timbulharjo, Sewon, Bantul
(0274) 445550

Puskesmas Sewon II

Puskesmas Sewon II

Jl. Parangtritis Km 6, Sewon, Bantul
(0274) 445248

Komando Rayon Militer Sewon

Koramil / Komando Rayon Militer Sewon

Jl. Parangtritis km. 5 Sewon, Bantul

Kepolisian Sektor Sewon

Polsek / Kepolisian Sektor Sewon

Jl. Parangtritis km. 5,6 Sewon, Bantul
(0274) 376559

Kantor Urusan Agama Sewon

KUA / Kantor Urusan Agama Sewon

Jl. Parangtritis km. 5,6 Sewon, Bantul
(0274) 384018