Rapat Koordinasi Gerakan Madu Manis dengan Stakeholder Internal

Selasa (10/03/2020) bertempat di Hall Room Syeh Sewun Kecamatan Sewon berlangsung koordinasi bersama stakeholder internal Kecamatan Sewon. Koordinasi kali ini menindaklanjuti penjelasan Sekcam Kecamatan Sewon, Hartini, S.IP, M.M dalam menjelaskan Gerakan Madu Manis pada apel pagi. Dalam acara rakor ini, dihadiri oleh seluruh kasi, staf dan seluruh karyawan karyawati Kecamatan Sewon.

Dalam pemaparan latar belakang Gerakan Madu Manis, gerakan ini bermula bernama Gerakan Madu Manula yaitu Gerakan Masyarakat Peduli Makan untuk Manula akan tetapi jika dengan istilah Gerakan Madu Manula, gerakan untuk membantu pemerintah ini terbatas hanya memberikan makan kepada manula sedangkan ada aspek lain yang harus di perhatikan oleh karena itu, Gerakan Madu Manula berubah menjadi Gerakan Madu Manis yaitu Gerakan Masyarakat Peduli Mengentaskan Kemiskinan sehingga gerakan ini tidak terbatas dengan memberikan makanan untuk manula.

Hal yang paling mendasar adanya gerakan ini  adalah penurunan angka kemiskinan belum signifikan dan belum sesuai target. Di Kecamatan Sewon sendiri menurut data dari TKPK Kecamatan Sewon, pada tahun 2019  jumlah penduduk miskin di Kecamatan Sewon berjumlah 13.892 jiwa dan 319 jiwa lansia yang terlantar dan dari jumlah lansia terlantar tersebut baru ada 60 lansia yang mendapatkan program Boga Sehat sehingga masih ada 259 lansia yang membutuhkan kebutuhan dasar pangan untuk kelangsungan hidupnya dan belum semua masyarakat memiliki kepedulian akan hal tersebut dan oleh karena itu, target atau program awal Gerakan Madu Manis Kecamatan Sewon yaitu memenuhi kebutuhan pangan lansia terlantar tersebut.

Kegiatan ini sangat diapresiasi oleh seluruh keluarga besar Kecamatan Sewon dan hal ini perlu ditindaklajuti dengan adanya koordinasi eksternal dan adanya daerah sampel program Gerakan Madu Manis sehingga kegiatan ini dapat terfokus dan menjadi bahan evaluasi jika dalam perjalanan ada hambatan di luar dugaan.

Puskesmas
di Kecamatan Sewon

Puskesmas Sewon I

Puskesmas Sewon I

Jl.Parangtritis km.7 Bangi, Timbulharjo, Sewon, Bantul
(0274) 445550

Puskesmas Sewon II

Puskesmas Sewon II

Jl. Parangtritis Km 6, Sewon, Bantul
(0274) 445248

Komando Rayon Militer Sewon

Koramil / Komando Rayon Militer Sewon

Jl. Parangtritis km. 5 Sewon, Bantul

Kepolisian Sektor Sewon

Polsek / Kepolisian Sektor Sewon

Jl. Parangtritis km. 5,6 Sewon, Bantul
(0274) 376559

Kantor Urusan Agama Sewon

KUA / Kantor Urusan Agama Sewon

Jl. Parangtritis km. 5,6 Sewon, Bantul
(0274) 384018