Sosialisasi Surat Edaran Camat Sewon Tentang Aksi Perubahan Gerakan Madu Manis kepada TPK Desa dan TPK Dusun

Pelaksanaan Sosialisasi Surat Edaran Camat Sewon kepada TPK Desa dan Kepada TPK Dusun se Kecamatan Sewon dilaksanakan pada tanggal 19 Maret 2020 bertempat di Aula Kecamatan Sewon. Hadir pada acara sosialisasi ini Camat Sewon, Kapolsek Sewon, Danramil Sewon, Kepala Puskesmas Sewon I, Kepala Puskesmas Sewon II, seluruh Lurah se Kecamatan Sewon, Seluruh Dukuh se Kecamatan Sewon.

Pada sosialisasi ini Camat Sewon menyampaiakan tentang Gerakan madu manis kecamatan Sewon sebagai suatu inovasi baru di kecamatan Sewon, latar belakang, tujuan, manfaat, sasaran dan tahap pelaksanaan jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang.Lurah Desa dan dukuh di wilayahnya segera menyusun langkah langkah pelaksanaannya di lapangan.

Sasaran utama pelaksanaan gerakan madu manis ini adalah memberikan atau mencukupi kebutuhan dasar pangan bagi lansia terlantar di wilayah dusunnya masing masing dengan gerakan masyarakat peduli, dengan kearifan lokal masing masing, dengan mengajak masyarakat dan melibatkan masyarakat mampu di sekitarnya untuk mengatasi permasalahan kemiskinan di sekitarnya. Verifikasi data lansia terlantar di wilayah masing masing segera dilakukan, untuk mengetahui jumlah lansia di dusunnya yang betul betul layak mendapatkan bantuan.

Untuk jangka pendeknya diharapkan masing masing dusun dapat mengentaskan atau memberikan makan kepada satu orang lansia, sebanyak 2 kali dalam sehari pagi dan sore. Pemberian makan lansia ini mengacu pada menu sehat yang telah disusun dengan Puskesmas Sewon. Adapun nominal nya seharga Rp 10.000,- sekali makan sesuai dengan anggaran Boga Sehat Kabupaten Bantul. Jadi per orang lansia memerlukan Rp20.000,- per hari, atau Rp 600.000 per bulan. Ada beberapa contoh atau pilihan untuk mencukupi kebutuhan biaya tersebut, misalnya masing masing Kepala Keluarga menyisihkan uang Rp 2.000,- saja per bulan, dengan jumlah Kepala Keluarga per dusun 300 KK, maka uang Rp 2.000,- yang identik dengan sekali parkir, sekali ke toilet, dalamsebulan sudah cukup untuk membiayai atau mencukupi kebutuhan makan bagisau orang lansia terlantar di sekitar kita. Namun kebijakan atau kearifan lokal di masingdusun itu berbeda beda, sehinggaTPK Desa dan TPK Pedukuhan dipersilahkan mengambil langkah, sesuai kesepakatan atau rembug warga di wilayahnya. Dan juga persoalan persoalan kemiskinan yang lain di sekitarnya, tergantung kepedulian warga masyarakat masing masing.

Mimpi besarnya adalah apabila sebanyak 63 ( enam tiga ) dusun di Kecamatan Sewon ini berhasil melaksanakan Gerakan Madu Manis di wilayahnya, masing masing satu orang lansia terlantar saja, maka Gerakan Madu Manis ini sudah mampu membantu pemerintah mengatasi permasalahan kemiskinan di bidang pemenuhan kebutuhan dasar pangan bagi lansia terlantar. di kecamatan Sewon masih tedapat 376 orang lansia terlantar yang memerlukan pemenuhan kebutuhan dasar pangannya, yang mendapatkan bantuan makan lewat program Boga Sehat baru sebanyak 60 orang lansia, Jadi masih ada 316 orang lansia yang belum tertangani.

Indikator keberhasilan kegiatan ini adalah tersosialisasinya surat edaran Camat Sewon tentang Gerakan Madu Maniskepada TPK desa dan TPK dusun se Kecamatan Sewon. Sedangkan kegiatan ini merupakan implementasi dari agenda kepemimpinan yaitu Kepemimpinan transformational.

Puskesmas
di Kecamatan Sewon

Puskesmas Sewon I

Puskesmas Sewon I

Jl.Parangtritis km.7 Bangi, Timbulharjo, Sewon, Bantul
(0274) 445550

Puskesmas Sewon II

Puskesmas Sewon II

Jl. Parangtritis Km 6, Sewon, Bantul
(0274) 445248

Komando Rayon Militer Sewon

Koramil / Komando Rayon Militer Sewon

Jl. Parangtritis km. 5 Sewon, Bantul

Kepolisian Sektor Sewon

Polsek / Kepolisian Sektor Sewon

Jl. Parangtritis km. 5,6 Sewon, Bantul
(0274) 376559

Kantor Urusan Agama Sewon

KUA / Kantor Urusan Agama Sewon

Jl. Parangtritis km. 5,6 Sewon, Bantul
(0274) 384018