Bedah Rumah Program WKSBM Padukuhan Garon, Panggungharjo

Minggu pagi, 10 April 2022 menjadi tonggak awal berjalannya Wahana Kesejahteraan Sosial Berbasis Masyarakat (WKSBM) “Kirana Baskara” Padukuhan Garon, Panggungharjo. Pada kegiatan kali ini, dilakukan Bedah Rumah Lansia Sebatang Kara yakni Ibu Sapari alias Mbah Riri (73 tahun). Beliau tinggal di RT 04 Garon dengan Rumah berukuran 4x4 meter yang berdiri di atas tanah milik salah seorang warga. Latar belakang beliau belum pernah menikah sehingga tidak memiliki anak maupun sanak family. 

WKSBM “Kirana Baskara” mencoba menjembatani kegiatan bedah rumah dengan menggandeng pihak luar seperti Komunitas Berbagi Beras (KBB), SRC “Ki Ageng Mangir” serta swadaya masyarakat sekitar. 

Kegiatan ini dibuka dengan apel pembukaan yang dihadiri :

  1. Kamituwa Panggungharjo
  2. Dukuh Garon
  3. Staf Jawatan Sosial Sewon
  4. Ketua WKSBM
  5. Koordinator Komunitas Berbagi Beras
  6. Pihak SRC “Ki Ageng Mangir”
  7. Ketua RT 04 Garon
  8. Warga Garon

Dalam sambutannya, Dukuh Garon berharap program ini adalah awal yang baik untuk menelurkan program lain dalam bingkai WKSBM. Beliau berujar bahwa sebenarnya kegiatan-kegiatan sosial telah banyak dilakukan di Padukuhan Garon mulai dari pembagian beras, sripah, hingga perbaikan rumah.

"Program ini merupakan program dari perdana namun bulan pertama di Padukuhan Garon, yang sebelumnya juga pernah dilakukan di RT 01 Garon. Semoga kegiatan ini dapat menjadi awal yang untuk kegiatan-kegiatan WKSBM selanjutnya", pungkas Dukuh Garon. 

Di Sisi lain, Kamituwa Panggungharjo juga menyambut baik kegiatan ini. Beliau mengapresiasi kegiatan ini karena  mampu membantu salah seorang warga yang termasuk kelompok rentan, yakni lansia sebatang kara. Selain mendapatkan bedah rumah, Mbah Riri yang sering bekerja serabutan di rumah warga disebut Kamituwa juga telah terdaftar sebagai salah satu warga yang mendapatkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD), Program pemenuhan bantuan gizi harian yaitu Boga Sehat, serta kunjungan perawat Desa Panggungharjo secara berkala.