Evaluasi Pelaksanaan PPBMP Kapanewon Sewon Tahun 2022 di Kapanewon Sewon

 

Sabtu Malam, 4 Maret 2023 Kapanewon Sewon melaksanakan kegiatan Evaluasi Pelaksanaan Program Pemberdayaan Berbasis Masyarakat Padukuhan (PPBMP) Tahun 2022. Giat malam itu dihadiri langsung oleh Panewu Sewon, Hartini S.IP., M.M, Lurah Se- Kapanewon Sewon, Ulu-Ulu, Kamituwa, Pangripta serta Seluruh Dukuh Se-Kapanewon Sewon. Kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan hasil evaluasi dari kegiatan yang bersumber dari Bantuan Keuangan Kabupaten Bantul. 

Seperti yang diketahui, Kabupaten Bantul telah mengucurkan dana sebesar Rp 50.000.000 per padukuhan. Adapun program ini menyasar pada tiga prioritas yakni kegiatan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Posyandu serta membangun Kabupaten layak anak diawali dari tingkat pedukuhan. Kapanewon sendiri memiliki fungsi untuk memantau dan mengawasi pelaksanaan PPBMP tersebut. 

Adapun hasil evaluasi yang diperoleh adalah :

  1. Kalurahan telah melaksanakan seluruh kegiatan PPBMP secara maksimal
  2. Realisasi PPBMP di empat Kalurahan telah berada di atas 97% 
  3. Kalurahan agar menyiapkan pengusulan dengan tepat waktu dan sesuai peruntukan
  4. Program yang diusulkan tidak di luar tiga prioritas yang ditetapkan
  5. Program yang diusulkan merupakan hasil dari Musyawarah Padukuhan (Musduk) yang kemudian dinaikkan untuk diketahui oleh Panewu sebelum naik ke Kabupaten

Pada kegiatan ini pula Panewu mengajak untuk selalu menjaa kekompakan baik dalam bertugas maupun sebagai rekan. Dukuh sebagai Pamong dan garda terdepan pelayanan masyarakat diharapkan dapat menjadi teladan baik dan selalu prima dalam melayani warga.