Forum Satu Data Kabupaten Bantul

Ros-In Hotel, Sewon

Sambutan 
1. Bapak Asisten Pemerintahan Kabupaten Bantul
Reformasi Birokrasi yang dilaksanakan harus dapat langsung dirasakan masyakarat. Satu data sebagai salah satu wujud penerapan reformasi birokrasi terkait penyediaan data yang dengan mudah diakses masyarakat. Hingga saat ini, ketersediaan data di Kabupaten Bantul mencapai 92.2% dan akan terus coba ditingkatkan. Selain ketersediaan, kita juga harus dapat mengamankan data serta menjamin kualitas data yang tersedia.


2. Penyelenggaraan satu data Indonesia di Daerah Istimewa Yogyakarta- Balai penelitian, pengembangan dan Statistik Daerah - BAPPEDA DIY
SDI di D.I Yogyakarta dan Kabupaten Bantul diampu oleh BAPPEDA. Yang dimana Bantul menjadi salah satu Kalurahan yang memiliki produsen data hingga level Kalurahan.

Rencana Aksi di Provinsi DI Yogyakarta sudah ditetapkan oleh Pergub, tepatnya pada Oktober 2022. Adapun diharapkan Kabupaten/ Kota juga mendukung dengan rencana aksi yang ditetapkan Perbup/ Perwali.

3. Badan Informasi Geospasial
UU no. 4 Tahun 2011 ttg Informasi Geospasial yang memiliki tujuan untuk visi transformasi digital nasional. Tantangan implementasi soal Geospasial adalah :
1. Data Standar masih belum maksimal
2. Format data baku masih belum optimal

4. Kepala BAPPEDA Bantul
Evaluasi Satudata Bantul. 
2022 - 153 Instansi, 100% Aktif dengan pembaharuan SOTK baru yang ada di Bantul. Rencana Tahun 2023, akan menambah walidata pendukung dari BKKBN serta meningkatkan partisipasi walidata yg kurang aktif.

a. Perencanaan
2023-2026 melaksanakan integrasi dengan aplikasi Daraku dan SGD's Desa yang ditugaskan pada walidata pendukung dari Kalurahan. Selanjutnya akan diadakan penetapan daftar data di bulan Januari. 
b. Pengumpulan data
Keterisian data 92.2% dengan beberapa Kalurahan telah upload data geospasial batas wilayah.
c. Pemeriksaan Data
Penetapan data telah ditindaklanjuti pengembangan portal SDI yang diikuti pemeriksaan Data yang akan dioptimalkan pada 2023. 
d. Publikasi data 
Data geospasial mencapai 1162 layer yang diikutu Aplikasi metadata. Tahun 2023 mengembangkan publikasi serta analisa data yang telah dikumpulkan, (PIC. Kominfo Bantul)
e. Forum SDI
Dilakukan sebanyak 6 kali pertemuan pada 2022, kemudian akan dilakukan sebanyak 3 kali atau lebih pada 2023. 
f. Simpul jaringan
Mendapatkan penghargaan bhumandala Rajata dan bhumandala kencana pada 2022.