Gerakan Madu Manis dan UPZ - BAZNAS Menyalurkan Bantuan Modal Usaha bagi Warga

Selasa, 18 Oktober 2022 di Kapanewon Sewon telah dilaksanakan pembagian modal Usaha yang dari kolaborasi Gerakan Madu Manis bersama UPZ Kapanewon Sewon dan BAZNAS  Kabupaten Bantul.

Kegiatan ini dihadiri Panewu Sewon, Hartini, S.IP., M.M, Lurah atau perwakilan Lurah se Kapanewon Sewon, Wakil Ketua 1 BAZNAS Kabupaten Bantul, Ketua UPZ Sewon, perwakilan KUA Sewon, dan Kepala Jawatan Sosial.

Panewu Berpesan agar dana yang diberikan dapat dimanfaatkan untuk pengembangan usaha warga. Selain itu, metode survey dalam penentuan penerima menjadi bagian yang tetap harus dilakuan agar ketepatan sasaran penerima sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Beliau juga berpesan bagi Pamong Kalurahan agar dapat ikut aktif mengawal proses survey, pelengkapan dokumen hingga pentasyarufan. Hal ini dilakukan agar dana zakat masyarakat benar-benar tertuju pada warga yang membutuhkan.
Dari hasil pembagian kali ini, terdapat 10 warga yang mendapatkan bantuan modal usaha, yang dimana masing-masing mendapatkan Rp 1.000.000. Adapun jenis usaha penerima manfaat cukup beragm, mulai angkringan, penjual makanan keliling, penjual pakaian bekas hingga usaha makanan tradisional yang masih terbilang minim modal.

Akhirnya, kegiatan dipungkasi dengan koordinasi tindak lanjut rencana ke depan untuk keberlangsungan Gerakan Madu Manis, UPZ dan BAZNAS ini. Dimana penguatan organisasi kiranya dapat mendorong partisipasi masyarakat dalam melakuan Zakat secara sadar dan sukarela lewat lembaga yang kredibel.