Halal Bihalal Forum Komunikasi Kethoprak Bantul.

Sabtu (28/05/2022) bertempat di Dusun Sanggrahan, Kowen 2, Timbulharjo, Kapanewon Sewon dilaksanakan Halal Bihalal Forum  Komunikasi Kethoprak Bantul. Hadir dalam acara tersebut 

  1. Sekretaris Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Bantul Drs. Fauzan Mu'arifin, 
  2. Kepala Jawatan Sosial Kapanewon Sewon Sumarno,SE dan
  3. Lurah Kalurahan Timbulharjo Anif Arkham Haibar, S.Pd.  

Acara di mulai dengan pembukaan dilanjutkan sambutan ketua panitia yaitu Ibu Warsilah. Dalam sambutannya beliau menyampaikan tujuan dilaksanakannya acara ini. Selain dalam rangka halal bihalal, kegiatan ini juga wujud nguri-uri Kabudayan Jawi dimana kesenian Kethoprak mulai tergerus dengan budaya-budaya barat. Beliau juga berharap agar  anak muda juga berperan aktif dalam mempertahankan budaya Jawa khususnya kesenian Kethoprak. Hal tersebut juga disampaikan oleh Kepala Jawatan Sosial Kapanewon Sewon Bapak Sumarno, SE. Selain mengajak masyarakat untuk nguri-uri Kabudayan Jawi, beliau juga menyampaikan pesan dari Panewu Sewon bahwasannya saat ini sudah ada kelonggaran terkait Covid-19 akan tetapi protokol kesehatan tetap harus di patuhi. 

Tidak hanya Covid-19, beliau juga berpesan dimana saat ini merupakan musim peralihan dan kasus demam berdarah mulai marak. Pemerintah Kapanewon Sewon menghimbau untuk selalu menjaga kebersihan dan membuang genangan air agar tidak menjadi sumber berkembang biaknya nyamuk demam berdarah. Program lain yang disampaikan yaitu Bantul Bersama atau Bantul Bersih Sampah Tahun 2025 dimana program ini perlu adanya kerjasama untuk mewujudkan bersih sampah tahun 2025. Acara dilanjutkan dengan pementasan Kethoprak Mataram yang disaksikan oleh masyarakat umum.