Kegiatan "Ngangkring Bersama Forkompinkap Sewon dan Pembentukan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kapanewon Sewon.


Kamis, 23 Juni 2022

Narasumber :
KH. Yasin Nawawi 
Hubungan antara mahluk dengan Tuhan 
Tuhan memiliki sifat welas asih kepada mahluk²nya. 
Mencegah LaranganNya, kita harus melakukan semaksimal mungkin.

Hubungan timbal balik antar sesama mahluk
Ibadah saja tanpa berinteraksi dengan mahluk hidup, maka terdapat kerugian nantinya. Tuhan maha pengampun, ampunan tuhan hendaknya juga ditiru dengan baik oleh manusia ke sesamanya.

Kegiatan kedinasan ataupun Kegiatan sosial diharapkan sebagai ibadah sosial bagi kita semua, sekaligus dapat bermanfaat bagi diri sendiri dan Tuhan Yang Maha Esa.

Polsek Sewon
Terdapat beberapa tugas untuk FKDM, dan itu diharapkan dapat mencegah potensi² konflik di masyarakat. Bagaimana FKDM ini diharapkan meredam konflik yang kompleks dan luas di wilayah Sewon. 
Sebagai gambaran, Panggungharjo, Bangunharjo dan Timbulharjo merupakan tiga daerah dengan potensi kejahatan tertinggi di Sewon. 
Setelah terjadi kejahatan atau potensi konfik di masyarakat, Terdapat tiga asas dalam penegakan hukum : 
1. Keadilan
2. Kebermanfaatan
3. Kepastian
Namun tentunya aspek kekeluargaan dan hari nurani menjadi aspek yang paling didahulukan untuk melihat sebuah kejadian pidana atau konflik sosial. Penegakan hukum merupakan opsi akhir yang dilakukan.
Restorasi Justice- merupakan asas mengedepankan peran serta masyarakat dengan kategori dan indikator tertentu guna mengejar kemanfaatan sebelum diberikan  penindakan pidana.

 

Panewu Anom :
Panewu Anom memimpin pemilihan SK FKDM Kapanewon Sewon.

Kegiatan selesai pukul 22.30 WIB