Khidmat; Pelantikan Bamuskal Se-Kapanewon Sewon Masa Bhakti 2024-2030 disaksikan oleh Bupati Bantul

Bantul, 5 Januari 2024 - Hari ini, Bupati Bantul, H.Abdul Halim Muslih turut hadir dalam acara pelantikan Badan Permusyawaratan Kalurahan (Bamuskal) Kapanewon Sewon masa bakti 2024-2030. Pelantikan ini diadakan sebagai langkah strategis untuk memperkuat aspirasi dan partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan di tingkat kalurahan.

Panewu, Forkompinkap Sewon, Puskesmas 1 dan 2, KUA, Korwil Pendidikan, Lurah , Pamong dan Dukuh serta Bamuskal purna turut hadir pada peresmian ini. Kegiatan yang diselenggarakan serentak ini merupakan cerminan harmonis Kalurahan dan Lintas sektoral dalam mewujudkan birokrasi yang lincah dan fleksibel. Panewu dalam sambutannya memberikan apresiasi atas pesta demokrasi pemilihan Bamuskal yang telah dilakukan dan menghasilkan 36 perwakilan terbaik dari empat Kalurahan.

Dalam sambutannya, Panewu Sewon menyampaikan pentingnya peran Bamuskal dalam mewujudkan pemerintahan yang lebih transparan dan aspiratif.

"Bamuskal mempunyai fungsi untuk membahas rancangan Peraturan Kalurahan, Menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat,  serta melakukan pengawasan kinerja Lurah, Untuk itu kami berharap dalam melaksanakan tugas 6 tahun kedepan harus proporsional dan profesional dengan mengedepankan kepentingan kalurahan dari pada kepentingan pribadi, atau golongan  ," ujar Hartini, S.IP.,M.M (Panewu Sewon)

Senada dengan Panewu Sewon, Bapak Bupati juga berharap posisi bamuskal dapat menjadi mitra aktif dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi terutama terkait anggaran Kalurahan dan dampaknya secara luas di masyarakat.

“Pemerintah Kabupaten Bantul menempatkan Kalurahan sebagai bagian strategis demi mewujudkan visi-misi Kabupaten bantul, sehingga dibutuhkan sumber daya manusia yang mampu bersinergi secara damai dan berdasarkan kesadaran bersama untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat," ujar Bupati

Proses pemilihan anggota Bamuskal dilakukan dengan cermat melalui mekanisme demokratis dan partisipatif, yang melibatkan perwakilan dari berbagai lapisan masyarakat. Para anggota Bamuskal yang dilantik diharapkan dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan integritas serta berkomitmen untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Foto oleh : PSID Panggungharjo dan Bangunharjo