Menuju KLA dan Bantul Bersama 2025, Kapanewon Sewon Helat Lomba Kreativitas Daur Ulang Sampah tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah; MERIAH!!

Pendidikan dan Lingkungan adalah dua hal yang berkaitan satu sama lain. Sinergi antara dunia pendidikan dan kepedulian lingkungan mutlak dimiliki dan dikembangkan sejak dini. Kabupaten Bantul yang pada saat ini berfokus pada peningkatan sumber daya manusia sejak usia muda lewat misi kelima yakni mencapai Kabupaten Layak Anak, ramah perempuan dan difabel. Namun di sisi lain, muncul pula permasalahan lingkungan, yakni sampah. Pengelolaan sampah mandiri terus digalakkan oleh pemerintah mengingat semakin terbatasnya daya tampung yang tersedia di TPA. Perubahan perilaku mutlak menjadi tanggungjawab masyarakat, mulai dari pengurangan sampah, pengelolaan hingga pengolahan kembali sampah yang telah ada. 

Melihat dua kondisi di atas, Pemerintah Kapanewon Sewon bersinergi dengan Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bantul, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Bantul, Koordinator Wilayah Pendidikan Kapanewon Sewon, Forum Anak Sewon (FONASE) dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul berinisiatif untuk membuat sebuah ruang kreasi bagi anak guna menyalurkan bakat minat dengan tajuk Lomba Kreativits Daur Ulan Sampah Tingkat Sekolah dasar dan SMP se Kapanewon Sewon. 

Hadir pada kegiatan kali ini Wakil Bupati Bantul, Bapak Joko B. Purnomo, SE yang memberikan motivasi serta membuka acara secara langsung. Beliau mengungkapkan bahwa kegiatan seperti ini diharapkan mampu memunculkan budaya bersih dan cinta lingkungan, utamanya sampah yang saat ini sedang dalam tingkat “Darurat”. 

Panewu Sewon, Hartini S.IP, MM sebagai penggagas mengharapkan kegiatan ini menjadi salah satu ruang kolaboratif yang dapat meningkatkan kecintaan anak terhadap lingkungan. “… menumbuhkan semangat pendidikan karakter kebersamaan dan profesionalisme anak- anak. Sebagai media evaluasi kualitas siswa di wilayah Sewon. Peduli terhadap keindahan dan kebersihan lingkungan”, tutur belaiu. 

Secara konseptual, Lomba Kreativitas Daur Ulang Sampah Tingkat Sekolah Dasar dan SMP di Kapanewon Sewon memiliki beberapa manfaat, antara lain:

  1. Meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya pengelolaan sampah dan lingkungan yang bersih dan sehat.
  2. Mendorong kreativitas dan inovasi dalam pengelolaan sampah serta menumbuhkan rasa tanggung jawab terhadap lingkungan.
  3. Menumbuhkan pendidikan karakter anak didik dan sebagai implementasi dari kurikulum merdeka dalam hal Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).
  4. Memperkokoh silaturahmi fungsional dalam upaya menopang silaturahmi antar SD/MI dan SMP/MTs se-Kapanewon Sewon.
  5. Sebagai wahana untuk menumbuhkan kewirausahaan dan membina kewirausahaan serta meminimalisir keberadaan sampah di sekitar kita.
  6. Menggugah kesadaran masyarakat akan kebersihan dari sampah dan menciptakan Kawasan Kabupaten Bantul bersih sampah Tahun2025 (Bantul Bersama) terwujud

Kegiatan ini dihelat pada 25 Oktober 2023 di Aula Syech Sewu Kapanewon Sewon. Lebih dari 35 Sekolah turut andil dalam kegiatan ini dengan kreativitas yang beragam. adapun hasil kejuaraan/ pengumuman kegiatan ini dapat dilihat pada dokumen di bawah ini :
 

Pengumuman Lomba Kreativitas Daur Ulang Sampah antar SD dan SMP/MTs Se Kapanewon Sewon