Pantauan Wilayah saat Malam Lebaran wujud Upaya Pemerintah Jaga Kesucian Idul Fitri

Dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban selama perayaan Idul Fitri, pemerintah Kapanewon Sewon telah melakukan pemantauan malam idul fitri di wilayah Kapanewon Sewon. Menjadi sebuah langkah proaktif untuk memastikan bahwa persiapan Idul Fitri 1 Syawal 1445 Hijriah berjalan lancar dan aman. kekuatan keamanan terdiri dari polisi, petugas keamanan, dan sukarelawan RAPI, FPRB, Pramuka serta Linmas dan beberapa Pegawai Kapanewon Sewon telah dikerahkan di titik-titik strategis pada tiap Kalurahan.

Para Relawan dan petugas keamanan telah ditempatkan di titik-titik  utama seperti masjid, jalan raya, dan titik keramaian lainnya di Sewon. Mereka akan bertugas untuk memastikan keamanan perayaan malam Takbiran atau malam menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Pemerintah mengingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi Surat Edaran Bupati Bantul yang berlaku, termasuk tidak menyalakan petasan, berlebihan menggunakan alat pengeras suara, hingga membuat onar di jalanan. Mereka juga mengimbau untuk menghindari pergerakan yang tidak perlu dan berkumpul dalam jumlah besar agar meminimalisir gesekan.

Di Sewon terdapat setidaknya 3 posko mudik yang bisa digunakan untuk beristirahat dan Bantuan Komunikasi, yakni di simpang empat Druwo yang didirikan oleh Pemerintah Kabupaten Bantul bersama POLRI-TNI dan satu titik di seberangnya yang didirikan oleh Organisasi Masyarakat Barisan Ansor Serbaguna (BANSER) serta Paksikaton. Selain mengunjungi tiga titik tersebut, Tim Pantauan juga memantau kesiapan Kalurahan menghadapi malam Idul Fitri.