Pelaksanaan Lintas Sektoral PSN 8 Desember 2023

Pemantauan Sarang Nyamuk adalah salah satu upaya preventif dalam mencegah Penyakit Demam Berdarah. Masyarakat, Kader Jumantik serta Panewu Anom, Pejabat Struktural serta karyawan-karyawati Kapanewon Sewon, Babinkamtibmas, Babinsa, Puskesmas 1 dan 2 Sewon, Pamong Kalurahan Kader Pedukuhan bersama-sama menilik lingkungan sekitar yang memiliki potensi pengembangbiakan nyamuk.  Pada PSN kali ini, Kalurahan Panggungharjo mengirimkan 2 lokasi yakni di Padukuhan Ngireng- Ireng dan Cabeyan. Sedangkan Kalurahan Bangunharjo, Pendowoharjo dan Timbulharjo masing-masing satu lokasi yakni di Wojo, Pendowo dan Gatak. 

Kegiatan ini dimulai dengan kumpul bersama di Rumah Dukuh/ tokoh masyarakat yang telah disepakati, kemudian pembagian tim ke tiap-tiap wilayah / RT. Disana mereka melakukan pemantauan jentik nyamuk pada tempat potensial seperti genangan air di kamar mandi, penampunngan air dan sejenisnya. Selain memantau sarang-sarang nyamuk, tim memberikan edukasi singkat terkait kebersihan lingkungan guna mewujudkan Bantul Bersih Sampah 2025. Mulai dari pengelolaan sampah, budaya memilah sampah, hingga pengaktifan bank sampah. 

Seperti yang diketahui, pada musim penghujan ini banyak potensi gangguan kesehatan kerap kali muncul. Adapun hasil dari PSN 8 Desember 2023 ini dapat disaksikan pada tabel berikut :

No

Desa

Pedukuhan

AJB

Keterangan

1.Panggungharjo

Ngireng – Ireng

Cabeyan

96

95.71

%

%

Target 95 %

2.BangunharjoWojo

94

%
3.TimbulharjoGatak

88.2

%
4.Pendowoharjo  Pendowo

87.5

%