Pengukuhan Dekranasda Bantul Korwil Kapanewon Sewon 2023-2028

Aula Syech Sewu kembali melangsungkan sebuah acara penting pada Rabu, 22 Februari 2023. Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Bantul Korwil Kapanewon Sewon yang beranggotakan 16 orang resmi dikukuhkan langsung oleh Ibu Emi Masruroh, S.Pd selaku ketua Dekranasda Kabupaten Bantul. Bertindak sebagai saksi yakni Panewu Sewon Hartini S.IP., M.M dan Lurah Pendowoharjo H. Hilmi Hakimudin, S.Pd.I. Dekranasda Korwil Sewon yang aktif beraktivitas pada periode 2023 – 2028 memiliki tujuan yaitu :

  1. Menanamkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kerajinan bagi kehidupan sehari hari warga negara Indonesia yang bisa mempertahankan martabat manusia.
  2. Melestarikan kebudayaan lama dan asli serta membina penggunaan penemuan dan teknologi baru dalam rangka mengembangkan identitas budaya bangsa.
  3. Memperhatikan dan memperjuangkan kepentingan kepentingan pengusaha kecil / perajin dan seniman dengan mendorong semangat kewiraswastaan mereka.
  4. Ikut merumuskan pembinaan di bidang kerajinan dalam perundang undangan maupun kebijaksanaan pemerintah serta dalam program pendidikan nasional.

Dalam Arahannya,Ibu Emi Masruroh, S.Pd menitikberatkan pada peningkatan potensi kriya di Kabupaten Bantul yang dimana Bantul menjadi salah satu Kota Kreatif “Kriya” Dunia. Beliau mengungkapkan bahwa masih banyak pengrajin kriya di Bantul yang belum mendapatkan fasilitasi maksimal dari pemerintah sehingga kiranya perlu adanya intervensi dari Dekranasda.

Sementara itu, Panewu Sewon Hartini, S.IP., M.M memberikan dukungan untuk upaya pengembangan UMKM khususnya kerajinan di Kapanewon Sewon agar semakin maju dibawah Dekranasda. Karena Sewon sebagai salah satu wilayah dengan potensi pengrajin yang sangat baik perlu diwadahi serta dapat diberikan akses dalam mengekspos produk-produk kerajinan untuk dapat berbicara lebih banyak di pasar yang lebih luas.