Sosialisasi dan Bimtek Pendayagunaan Data Profil Desa dan Kalurahan


Aula Syech Sewu - Senin, 21 Februari 2022


1. Sambutan Biro Bina Pemberdayaan Masyarakay Setda DIY
2. Presentasi "Koordinaai Dan Sinkronisasi Program dan Kegiatan Pembangunan di Kapanewon Sewon "Oleh Panewu Sewon - Hartini, SIP,MM"
Panewu menekankan untuk :
a. Menyusun dan meningkatkan target bapak Bupati yang belum terpenuhi/ tercapai dalam Visi Misi Bupati
b. Ragam potensi Kapanewon agar dapat dimasukkan ke Profil Kalurahan, sehingga dapat update dan menjadi pertimbangan arah kebijakan pemerintah
c. Madu Manis menjadi salah satu program unggulan dalam membantu pemerntah menindaklanjuti pengentasan kemiskinan di desa

3. Presentasi "Peran DPRD DIY dalam Pendayagunaan Profil Desa dan Kalurahan" Oleh DPRD Komisi D Provinsi DIY. Pengembangan Desa menjadi salah satu fokus materi, dimana Kalurahan menjadi Unit terkecil yang berpotensi dalam menyejahterakan masyarakat sekaligus memajukam Kalurahan dan Kapanewon itu sendiri.  Selain potensi, diperlukan manajemen potensi desa dengan profiling Desa.

4. Preaentasi "Tugas dan Fungsu LPM dalam Menyerap Aspirasi dan Menggerakkan Masyarakat dengan Swadaya Gotong- Royong" oleh Ir. Suhadi Datun
Adapun poin yang disampaikan antara lain :
1. Persiapan data informasi yang disusun dan ditabulasi untuk dapat digunakam oleh instsnsi terkait.
2. Data yang harus dimiliki adalah Data Dasar,potensi dan data perkembangan dan berprogres.
3. Pembagian peran pengurus harus mampu memberdayakan pengurus dan stakehloder lainnya. 
4. Program kerja LPM salah satunya adalah kegiatan pembuatan profil

Diskusi :
1. Perwakilan Panggungharjo -Dukuh Garon :
Sering sosisalisasi terkait profil kalurahan. Proses penyusunan tang banyak membuat kalurahan kadangkala kebingungan menyusun profil kalurahan, terutama keterpaduan Data.
2. Perwakilan Timbulharjo - LPMK
Ketika kami telah merencanakan, kemudian sudah masuk ke sisi sumber dana, maka bagaimana cara memasukkan dana kedalam perencanaan 
3. Perwakilan Pendowoharjo - Tokoh Masyarakat
Bagaimana mencari tenaga untuk mengolah tanah dan varietas padi IP 400.

Respon :
DPR DIY ;
Untuk dana alokasi khusus terkait program pemberdayaan masyarakat agar dapat diusulkan. 
Untuk problem pertanian, hal ini juga dirasakan oleh banyak daerah, karena nilai ekonomi dan BEP dianggap kurang. Selain itu, kompleksitas masalah pertanian menjadi tantangan bersama.

Panewu Sewon:
Untuk terkait IP 400, kegiatan ini merupakan hasil studi banding di Sragen. Untuk tenaga, ini menjadi peran mesin dalam penggunaan kelolanya. Teknisnya, besok akan dibicarakan lebih detil.

Bapak Suhadi LPM :
Saat usulan dibuat, kita akan arahkan ke pos pos pengelolaan yang akan ditinjau untuk dibagi kewenangan instansi yang mengampu.
Tetkait RTLH, ini akan menjadi tugas yang membutuhkan sinergi antara dinas terkait.


4. Pemaparan Pendayagunaan Data Profil Desa dan Kalurahan oleh Ibu Herawati - Balai Pemdes DIY. Adapun beberapa poin penting yang disampaikan antara lain :
a. Banyaknya aplikasi desa menjadi permasalahan oleh Desa dan Balai Pemdes sekalipun. Pembagian tupoksi dan manajemen sumberdaya. Secara teknis, penggabungan aplikasi jadi langkah strategis. 
b. Kreativitas Desa harusnya menjadi salah satu pendoromg nilai yang nampak di Profil Desa. 
c. Pembagian tugas, manajemen dam evaluasi yg jelas
d. Dari keempat desa, sudah mengisi dan memiliki nilai variatif. Harapannya dapat lebih baik karena potensi yang dimiliki sangat layak