Upacara Hari Pendidikan Nasional di Kapanewon Sewon

Hari ini, 2 Mei 2023 Kapanewon Sewon bekerjasama dengan SMAN 1 Sewon mengadakan Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2023. Kegiatan ini sendiri menjadi salah satu wujud kepedulian pemerintah terhadap jasa pahlawan yang telah berjuang dalam dunia pendidikan. Panewu Sewon bertindak sebagai Pembina Upacara, sedangkan Petugas pengibar bendera adalah siswa siswi SMAN 1 Sewon. Turut KUA Sewon yang bertugas sebagai Pembaca doa, TNI-POLRI yang bersinergi menjadi petugas keamanan dan komandan upacara juga RAPI Lokal Sewon yang turut mengamankan lalu lintas di luar sekolah. Upacara ini sendiri diikuti oleh SIswa-siswi SMAN 1 Sewon, Jajaran Guru, Struktural Kapanewon Sewon beserta seluruh pegawai, Lurah dan staf serta pamong Kalurahan, serta karyawan- karyawati Puskesmas 1 dan 2, KUA Sewon serta Korwil Pendidikan Sewon. 

Dalam Pidato Menteri Pendidikan Nasional yang dibacakan Panewu Sewon, terdapat beberapa kali kata merdeka belajar. Merdeka belajar adalah gagasan yang sudah lama diperjuangkan oleh Ki Hajar Dewantara yang pada tahun 2019, pemerintah Indonesia secara resmi mengumumkan kebijakan Merdeka Belajar sebagai bagian dari reformasi pendidikan di Indonesia. Kebijakan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk memiliki kebebasan dalam menentukan cara pembelajaran mereka, serta memberikan pendidikan yang lebih relevan dengan kebutuhan dunia kerja dan masyarakat.

Salah satu komponen utama dari kebijakan Merdeka Belajar adalah digitalisasi pendidikan. Kebijakan ini bertujuan untuk memperluas akses pendidikan dan memberikan pendidikan yang lebih inklusif kepada seluruh masyarakat Indonesia. Dalam upaya ini, pemerintah Indonesia telah mengembangkan platform digital untuk pendidikan. Selain itu, kebijakan Merdeka Belajar juga mendorong adopsi model pembelajaran baru, seperti blended learning, yang menggabungkan pembelajaran tatap muka dan online. Model ini bertujuan untuk memperkuat interaksi antara siswa dan guru serta memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih menyenangkan dan efektif. 

Melalui kebijakan Merdeka Belajar, Indonesia berharap dapat mencapai pendidikan yang merdeka, inklusif, dan berlandaskan pada kebudayaan bangsa Indonesia. Dalam cita-cita Ki Hajar Dewantara, pendidikan adalah suatu proses yang berkelanjutan dan berkesinambungan, yang mengedepankan kreativitas, kebebasan, dan kemandirian dalam proses pembelajaran. Semoga dengan Merdeka Belajar, pendidikan di Indonesia dapat semakin maju dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat.