Workshop Kesiapan Kapanewon dan Kalurahan Menuju Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2023

Bertempat di Gedung Induk Lantai 3, Komplek Parasamya Bantul dilaksanakan kegiatan Workshop Kesiapan Kapanewon dan Kalurahan Menuju Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2023, Kamis (08/09/2022). Peserta workshop dalam kegiatan ini berjumlah 130 orang terdiri dari perangkat Kapanewon, Kalurahan, Puskesmas, Forum Komunikasi Kabupaten Kota Sehat dan Tim Pembina Kabupaten Kota Sehat. Selain itu, hadir pula Wakil Bupati Bantul, Setda Kabupaten Bantul, Tenaga Ahli Bupati Bantul, Kepala Bapeda Bantul dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul. Acara dibuka oleh Wakil Bupati Bantul.

Latar belakang diadakannya acara tersebut yaitu Program Kabupaten/Kita Sehat yang diluncurkan oleh Pemerintah Pusat pada tahun 2005 dimana mewajibkan setiap kabupaten/kota di Indonesia mewujudkan kabupaten/kota yang sehat.

Dasar hukum pelaksanaan workshop :
- Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor : 34 Tahun 2005 dan Nomor 1138/MENKES/PB/VIII/2005 tentang Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat
- Perda Kabupaten Bantul No. 11 Tahun 2021 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah TA. 2022
- Perbup Nomor 55 Tahun 2022 tentang Perubahan Ketujuh Atas Perbup Nomor 155 Tahun 2021 tentang Penjabaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah TA. 2022.

Maksud dan tujuan dari acara ini yaitu:
1. Memberikan pengetahuan dan keterampilan yang di perlukan oleh Kapanewon dan Kalurahan dalam mendorong kesiapan masing-masing Kapanewon dan Kalurahan untuk mendukung pencapaian kembali predikat Swasti Sabha Wisata
2. Meningkatkan komitmen dan kerjasama antara berbagai pihak
3. Mengintegrasikan seluruh potensi SDM yang ada.

Pada tahun 2023, Kapanewon Sewon menjadi calon lokasi tatanan Kabupaten Sehat tahun 2023 yaitu Tatanan  Kehidupan Masyarakat Sehat Mandiri di Kweni, Panggungharjo, Sewon dan Tatanan Perlindungan Sosial di Kalurahan Panggungharjo. Tatanan Kehidupan Masyarakat Sehat Mandiri di Kweni, Panggungharjo memiliki 3 inovasi antara lain :
1. Caraku Cara Kita : Penanggulangan Penyakit DBD
2. Senada Seirama : Wadah berbagai kegiatan seperti senam, jalan sehat, Posyandu, Posbindu
3. Desa Siaga Sehat Jiwa : Pendampingan ODGJ